welcome to dhie okslow blog

Selasa, 24 Mei 2011

BRAINWARE

Posted by Dhie okslow on 20.09

Brainware adalah bagian penting dari sebuah sistem komputasi. Hardware tidak dapat bekerja tanpa software, sedangkan hardware dan software tidak dapat bekerja tanpa brainware.

Secara harafiah, brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini otak manusia) yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware dan software yang ada.

Ada beberapa jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing, di antaranya adalah Programmer, System Analyst, System Administrator, Database Administrator, Database Engineer, System Integrator, Network Designer, Network Engineer, Software Engineer, Hardware Engineer, System Auditor, dan User.

• Programmer adalah orang yang membuat sebuah aplikasi dengan bantuan tool programming yang tersedia.

• System Analyst adalah orang yang mempelajari sebuah proses bisnis, dan menuangkannya dalam sebuah rancangan sistem, sehingga setiap proses bisnis yang terjadi dapat diwujudkan dalam sistem komputerisasi yang terintegrasi.

• System Administrator adalah orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analyst dan dibuat oleh Programmer.

• Database Administrator adalah orang yang mengelola sebuah sistem database.
• Database Engineer adalah orang yang merancang sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan pengelolaan data, baik saat ini maupun saat akan datang.

• System Integrator adalah orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun kemudian hari.

• Network Designer adalah orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.

• Network Engineer adalah orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang networking. Dia bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.

• Software Engineer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, maupun sistem operasi).

• Hardware Engineer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.

• System Auditor adalah orang yang bertugas mengaudit sebuah sistem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi, sehingga hasil audit itu dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.

• User adalah orang yang menggunakan sistem komputer yang ada.


























PENGANTAR JARINGAN KOMPUTER


Komponen Jaringan Komputer
Komponen jaringan komputer terdiri dari 2 yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.
Komponen Perangkat Keras (Hardware)
File Server
 File server adalah inti (jantung) dari sebuah jaringan dengan model client server
 Merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat.
 Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan.
 Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan.

Workstation
 Setiap komputer lain pada jaringan yang terhubung ke server dan digunakan oleh pengguna untuk melakukan aktivitasnya

Sistem Komunikasi Jaringan
 Kabel
 Infra merah
 Paket radio

Komponen Perangkat Lunak (Software)
Sistem Operasi Jaringan (NOS/Network Operating System)
 Novell Netware
 Windows NT
 UNIX
Perangkat Lunak Aplikasi
 Pengolah kata
 Spread sheet
 Pengolah basis data

Model Hubungan
Peer-to-peer
Semua komputer atau mesin yang terhubung mempunyai kedudukan dan fungsi yang sama.
 Berbagi file
 Berbagi printer

Client Server
 Terdapat sebuah atau lebih mesin yang bertindak sebagai server dan yang lain sebagai client

Topologi Jaringan
 Topologi Jaringan Mesh
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebandingdengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

 Bus

 Menggunakan satu buah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan
 Pengembangan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation yang lain
 Apabila terdapat gangguan pada kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan terganggu

 Star



 Masing-masing workstation dihubungkan langsung ke server atau hub
 Jika ada kabel yang rusak maka tidak akan mengganggu jaringan secara keseluruhan
 Butuh kabel lebih banyak


 Topologi Jaringan Pohon (Tree)
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

 Ring (cincin)

 Tidak terjadi collision
 Setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam aringan sehingga bila terdapat gangguan dalam satu node akan mengganggu seluruh jaringan
Manfaat Jaringan Komputer
 Pertukaran Informasi
 Sarana Aplikasi Multiuser
 Dapat dibentuk Database
 Memudahkan perawatan Perangkat Lunak
 Menghemat biaya
 Meningkatkan keamanan
Perkembangan Jaringan Komputer
 Sistem Mainframe
 Sistem Komputer Mini
 Sistem Komputer Personal
 Sistem Jaringan (Network)
 Sistem Internetworking
• Internet
• Intranet
• Ekstranet

Sistem Jaringan
LAN (Local Area Network)
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya dijadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.


MAN (Metropolitan Area Network)
Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau Surabaya.


WAN (Wide Area Network)
Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi agaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam eberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.

Jaringan Komunikasi Data
Komunikasi data adalah transfer data atau informasi antara sebuah sumber dengan sebuah penerima
Kriteria utama dari jaringan komunikasi data :
 Performansi (Performance)
 Konsistensi (Consistency)
 Reliabilitas (Reliability)
 Pemulihan (Recover)
 Keamanan (Security)

Aliran Data
Simplex
Contoh : Stasiun Televisi dan Pesawat Televisi
Half Duplex
Contoh : HT
Full Duplex
Contoh : Telepon
Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel (nirkabel) saat ini sudah digunakan oleh banyak pemakai dengan berbagai bentuk. Salah satu contoh adalah teknologi telepon selular yang sekarang bahkan sudah melampaui jumlah sambungan telepon tetap ( fixed lined).
Standarisasi
Agar semua perangkat yang menggunakan jaringan nirkabel ini dapat saling terinterkoneksi dengan baik maka dibentuklah sebuah standar.

 Bluetooth (http://www.bluetooth.com) adalah spesifikasi industri komputasi dan telekomunikasi yang menjelaskan bagaimana telepon bergerak, komputer dan personal digital assistant (PDA) dapat dengan mudah terinterkoneksi satu dengan lainnya dan juga dapat terinterkoneksi dengan telepon dan komputer dengan koneksi tanpa kabel.

 IrDA (Infrared Data Association) (http://www.irda.org/), adalah standard device untuk berkomunikasi dengan lainnya menggunakan pulsa cahaya infrared.

 HomeRF (SWAP) (http://www.homerf.com/), HomeRF (Home Radio Frequency) adalah jaringan tanpa kabel untuk rumah/bisnis kecil standard yang dikembangkan oleh Proxim Inc. yang menggabungkan antara Digital Enhanced Cordless Telecommunications (DECT) standarisasi telepon portabel dengan 802.11b.

 WECA (Wi-Fi) (http://www.weca.net/), merupakan standard yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan jaringan tanpa kabel dunia usaha yang areanya lebih luas dan membutuhkan bandwidth yang lebih besar daripada HomeRF.

0 komentar:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site